Menu

Mode Gelap
Sungguh Kasihan! Bertahun-tahun Sejumlah Janda Usia Tua di Banyuwangi Belum Menerima Bansos Miris, Rumah Katiyem di Sobo Ini Butuh Uluran Bantuan Pemerintah Waspadalah! Pencurian Helm di Parkiran Dinas PU Pengairan Banyuwangi Bolehkah Sekolah Madrasah Menjual Buku LKS di Satuan Pendidikan? Begini Jawaban Inspektorat Kadis Pendidikan Banyuwangi Tidak Boleh Guru Adakan LES, Ketua PGRI Banyuwangi Malah Bilang ‘Boleh’

Polri ยท 18 Agu 2023 04:37 WIB

Polsek Banyuwangi Kota Berperan Aktif dalam Program Penghijauan: Tanam 30 Pohon di Pantai Wonosari


 Polsek Banyuwangi Kota Berperan Aktif dalam Program Penghijauan: Tanam 30 Pohon di Pantai Wonosari Perbesar

Banyuwangi – Data A Satu | Kelestarian lingkungan menjadi perhatian utama bagi Kepolisian Sektor Kota Banyuwangi. Dalam rangka mendukung Program Penghijauan yang digulirkan oleh Polri, mereka mengambil langkah nyata dengan menanam 30 pohon cemara di Pantai Wonosari Sobo. Kegiatan yang digelar pada Jumat (18/8/23) ini melibatkan kolaborasi antara Kepolisian, kelompok nelayan, dan Pokdarwis PAWON JAYA.

Dalam semangat “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini”, Kapolsek Banyuwangi Kota, AKP KUSMIN SH, menjelaskan bahwa penanaman pohon ini merupakan bagian dari Kegiatan Penghijauan Serentak di seluruh jajaran Kepolisian.

“Seiring dengan momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, inisiatif ini juga melibatkan semua tingkatan Polsek di seluruh Indonesia,” kata Kusmin.

Pantai Wonosari Sobo yang dipilih sebagai lokasi penanaman pohon bukanlah kebetulan. Waka Polsek IPTU RIRIN NURFIAH menyatakan bahwa penanaman pohon ini memiliki tujuan ganda. Selain menjadi simbol kepedulian terhadap lingkungan, pohon-pohon tersebut juga diharapkan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi wilayah tersebut.

“Kita sengaja memilih pohon-pohon tertentu, jadi bila tumbuh besar nanti selain untuk penghijauan juga bisa memberi udara segar, terlihat rindang dan asri, dinikmati,” ujar Waka Polsek.

Selain itu, kolaborasi ini juga memiliki dampak positif bagi sektor pariwisata. Penggiat pariwisata lokal, seperti kelompok nelayan dan Pokdarwis PAWON JAYA, turut bersemangat dalam mengembangkan wisata di wilayah mereka. Penanaman pohon di sepanjang pantai diharapkan dapat menambah daya tarik bagi wisatawan dan memberikan pengalaman yang lebih segar dan asri.

Tidak hanya berfokus pada hasil jangka pendek, kegiatan ini juga memiliki makna jangka panjang. Dengan menanam pohon, Kepolisian Sektor Kota Banyuwangi berkontribusi dalam menjaga oksigen di sekitar kawasan pantai, menjadikan lingkungan lebih hijau dan sehat. Melalui upaya ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dapat lebih ditanamkan sejak usia dini.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa Kepolisian Sektor Kota Banyuwangi tidak hanya mengemban tugas dalam hal keamanan, tetapi juga turut aktif dalam upaya menjaga kelestarian alam demi masa depan yang lebih baik. Semangat penghijauan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan dan pariwisata, tetapi juga menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian bumi.

Informasi Redaksi

Baca Lainnya

Bacok Security di Kalibaru, Pelaku Sempat Kabur Akhirnya Diamankan Polisi

14 November 2023 - 07:02 WIB

Sejumlah Satpam di Banyuwangi Disidak Polisi, Begini Pesan Ketua KBSRI

31 Oktober 2023 - 13:03 WIB

Agus Flores Dukung Bhayangkari Polri dalam Melindungi Lingkungan

6 Oktober 2023 - 15:31 WIB

Ramah Lingkungan: Mengintip Spesifikasi Motor Listrik NIU Gova 03 di Satlantas Polresta Banyuwangi

30 September 2023 - 11:46 WIB

Sistem Materi Ujian Praktik SIM C Dirubah, Begini Kata Kasat lantas polresta Banyuwangi

7 Agustus 2023 - 06:13 WIB

Arus Lalu Lintas di Jalan Menuju Pelabuhan Tanjung Wangi Kembali Lancar

26 Juli 2023 - 11:10 WIB

Trending di Peristiwa