Menu

Mode Gelap
Sungguh Kasihan! Bertahun-tahun Sejumlah Janda Usia Tua di Banyuwangi Belum Menerima Bansos Miris, Rumah Katiyem di Sobo Ini Butuh Uluran Bantuan Pemerintah Waspadalah! Pencurian Helm di Parkiran Dinas PU Pengairan Banyuwangi Bolehkah Sekolah Madrasah Menjual Buku LKS di Satuan Pendidikan? Begini Jawaban Inspektorat Kadis Pendidikan Banyuwangi Tidak Boleh Guru Adakan LES, Ketua PGRI Banyuwangi Malah Bilang ‘Boleh’

Umum ยท 24 Jan 2024 04:54 WIB

Bangunan Irigasi Mandaluko Rusak, Dispertapangan Banyuwangi Buka Suara terkait Oknum Wartawan


 Kantor Dinas Pertanian Dan Pangan Banyuwangi (Foto: Istimewa) Perbesar

Kantor Dinas Pertanian Dan Pangan Banyuwangi (Foto: Istimewa)

Banyuwangi – Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Kadispertapangan) Banyuwangi, Ilham Juanda, memberikan tanggapannya mengenai berita yang beredar di media online tentang minimnya pengawasan yang mengakibatkan bangunan irigasi Dusun Mandaluko, Desa Tamansuruh, Banyuwangi, mengalami kerusakan hanya dalam waktu dua hari setelah perbaikan. Kejadian ini menimbulkan keprihatinan di kalangan warga setempat.

Ilham menjelaskan bahwa pada minggu sebelumnya, ada laporan dari seorang oknum yang mengaku sebagai wartawan media online bahwa ada kegiatan di lokasi Mandaluko. Namun, oknum wartawan tersebut melalui seorang perantara menyampaikan permintaan agar berita tersebut tidak ditayangkan atau ditulis, dengan syarat Ilham memberikan sejumlah uang kompensasi. Ilham menolak permintaan tersebut dan memerintahkan petugas yang bertanggung jawab untuk segera menindaklanjuti laporan kerusakan tersebut.

“Tanggapan saya terkait berita tersebut bahwa pada minggu kemarin ada laporan dari seorang oknum yg mengaku dirinya wartawan media online bahwa ada kegiatan tersebut lokasi mondoluko, ” ujar Kadis Kadispertapangan Banyuwangi, Ilham Juanda Melalui Pesan Whatsapp, Rabu (24/01/2024).

Menurut Ilham, kerusakan tersebut terjadi karena kegiatan pemeliharaan saluran irigasi tersebut masih dalam masa pemeliharaan. Karena itu, pihaknya segera memerintahkan PPK untuk berkoordinasi dengan pelaksanaan kegiatan dan mereka yang bertanggung jawab akan segera memperbaiki saluran irigasi tersebut.

“Jadi saya memerintahkan PPK untuk berkoordinasi dengan pelaksanaan kegiatan dan oleh pelaksana kegiatan karena masih dalam masa pemeliharaan saluran irigasi tersebut dibetulkan,” ujar ilham.

Ilham juga menyatakan rasa prihatinnya atas tindakan oknum wartawan yang menyebarkan informasi yang tidak benar (tidak berimbang) dan berusaha meminta uang kompensasi sebagai syarat untuk tidak menayangkan beritanya.

“Atau tidak ditulis asalkan saya memberikan sejumlah uang kompensasi. Kemudian saya menolak hal tersebut,”jelas dia.

Lanjutnya, Terkait dengan laporan mengenai kerusakan pada bangunan jaringan irigasi, Ilham menegaskan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Jadi saya memerintahkan PPK untuk berkoordinasi dengan pelaksanaan kegiatan dan oleh pelaksana kegiatan karena masih dalam masa pemeliharaan saluran irigasi tersebut dibetulkan,” ujar ilham.

Informasi Redaksi

Baca Lainnya

Alhamdulillah, Pusat Bantuan Hukum “Feradi WPI” Sah Berligalitas

28 April 2024 - 11:48 WIB

Buang Sampah di TPA Keramat, Petugas Pasukan Kuning Ditarik Uang Rp. 50 Ribu/Bulan

11 April 2024 - 03:13 WIB

Sejumlah Warga Binaan Lapas Banyuwangi Langsung Bebas, Ini Alasanya

10 April 2024 - 15:36 WIB

Guntur Priambodo Bertemu Dengan Kapolda Jatim, Ternyata Bahas Ini

16 Maret 2024 - 01:45 WIB

Jalan di Banyuwangi Berlubang: “Jangan Nunggu Korban, Dimana Tugasmu”

14 Maret 2024 - 06:21 WIB

Aktivis di Banyuwangi Akan Laporkan Ke Polresta Banyuwangi

29 Februari 2024 - 12:44 WIB

Trending di Umum