Menu

Mode Gelap
Sungguh Kasihan! Bertahun-tahun Sejumlah Janda Usia Tua di Banyuwangi Belum Menerima Bansos Miris, Rumah Katiyem di Sobo Ini Butuh Uluran Bantuan Pemerintah Waspadalah! Pencurian Helm di Parkiran Dinas PU Pengairan Banyuwangi Bolehkah Sekolah Madrasah Menjual Buku LKS di Satuan Pendidikan? Begini Jawaban Inspektorat Kadis Pendidikan Banyuwangi Tidak Boleh Guru Adakan LES, Ketua PGRI Banyuwangi Malah Bilang ‘Boleh’

Peristiwa · 14 Apr 2024 15:09 WIB

H+4 Lebaran, Sepeda Motor Dominasi Arus Balik ke Bali di Pelabuhan Ketapang


 Foto: Situasi Arus balik di pelabuhan ketapang, Banyuwangi (istimewa) Perbesar

Foto: Situasi Arus balik di pelabuhan ketapang, Banyuwangi (istimewa)

Banyuwangi, Arus balik di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi mulai menunjukkan peningkatan. Di H+4 Lebaran ini, arus balik rata-rata didominasi kendaraan roda dua berplat nomor DK atau Bali .Terpantau, arus kendaraan mulai mengalir ke pelabuhan di ujung timur Pulau Jawa ini sejak pagi.

Ratusan sepeda motor yang masuk pelabuhan, langsung diarahkan ke tenda raksasa yang ada di area parker. Mereka tak perlu menunggu lama untuk bisa masuk kapal. Rata-rata hanya sekitar 20 menit.Para pemudik yang akan kembali ke tempat perantauan di Bali dan sekitarnya ini mengaku memilih balik lebih awal karena jadwal masuk sekolah sudah tiba.

Selain itu, aktivitas kantor mulai normal.”Anak-anak masuk sekolah hari Selasa (16/4). Jadi, harus kembali sekarang,” ujar marjuki, pengendara roda dua asal malang.General Manager ASDP Ketapang, Syamsudin, membenarkan kalau hari ini sudah ada peningkatan untuk kendaraan yang akan menyeberang ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang.
“Dari pantauan udara Bersama Satlantas Polresta Banyuwangi dan Basarnas, kami melihat kendaraan yang mengarah ke pelabuhan ada peningkatan,” ujar Syamsudin, Minggu (14/4).Data dari Posko Pelabuhan Ketapang, hingga H+3 Lebaran, jumlah penumpang pejalan kaki yang menyeberang ke Bali mencapai 41.725 orang. Sedangkan roda dua sebanyak 5.930 orang dan roda empat mencapai 4.580 orang.

Kasatlantas Polresta Banyuwangi, Kompol Amar Hadi, di sela memantau arus balik di Pelabuhan Ketapang, menegaskan sudah ada 5 buffer zone yang disiapkan untuk menampung kendaraan jika terjadi antrean.“ 5 Buffer zone sudah disiapkan karena besok kendaraan sumbu 3 sudah mulai beroperasi di jalan,” ungkap Amar.Saat ini,
jumlah kendaraan sudah meningkat dibandingkan sehari sebelumnya. Kemarin, data yang tercatat ada 34.025 penumpang pejalan kaki, roda dua 3.980 unit dan roda empat 3.867 unit.Peningkatan penumpang juga terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Sepanjang H+3 Lebaran, jumlah penumpang yang menyeberang ke Jawa mencapai 33.138 orang. Sedangkan roda dua 1.939.dan roda empat sebanyak 4.609 unit. Peningkatan penumpang dari dua sisi pelabuhan ini diprediksi akan terus berlanjut Diperkirakan hari ini dan besok Senin (15/4/2024) adalah puncak pertama arus balik Lebaran 2024.

Informasi Redaksi

Baca Lainnya

Waspadalah! Pencurian Helm di Parkiran Dinas PU Pengairan Banyuwangi

9 Mei 2024 - 05:41 WIB

Suami Sharon Milan Jadi Tersangka, Begini Respon Emak-emak Nilai Kapolresta Banyuwangi

22 April 2024 - 01:19 WIB

Lapor Bupati, Oknum Kades di Banyuwangi Bagikan Video “yes no” di Group WhatsApp

16 April 2024 - 00:41 WIB

[Hak Jawab] Awas Penipuan! Pria Ini Menjanjikan Bisa Masuk PNS Tanpa Tes

28 Februari 2024 - 15:17 WIB

Diduga Kecurangan Hitung Suara di Desa Kedaleman, Ada Apa?

19 Februari 2024 - 13:54 WIB

Dinas Pendidikan Lumajang Akan Tindaklanjuti Dugaan Pencabulan Dilakukan Oknum Guru SD

19 Februari 2024 - 02:45 WIB

Trending di Peristiwa